• Sat. May 18th, 2024

Iumbunginformasi

Aktual dan Benar

Jelang Iduladha, Polres Dan Disnakkeswan Jepara Cek Hewan Kurban

Bagikan Berita ini

NEWSLine.id Kolres Jepara – Polda Jateng – Jelang Idul Adha, Jajaran Polres Jepara yang dipimpin langsung oleh Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan melakukan pengecekan.

Pengecekan dilakukan untuk menjamin ketersediaan hewan kurban di Pasar Pon, Desa Jerukwangi, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara, Kamis (21/6/2023).

Dalam pengecekannya, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan langsung memantau hewan ternak, seperti kambing, sapi dan kerbau yang dijual di pasar hewan Pon.

“Alhamdulillah untuk hewan yang terjangkit penyakit kulit atau LSD di Pasar Pon tidak di temukan, untuk hewan yang di jual di pasar ini sudah mempunyai track record dari mulai usia hewan berat, dan kesehatan hewan,” ungkap Kapolres.

Lanjut, Kapolres menambahkan bahwa untuk di wilayah Jepara ketersediaan hewan kurban tidak ada kekurangan.

Wahyu juga menjelaskan, “Jelang Iduladha ini, kami Jajaran Polres Jepara berkolaborasi dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan akan terus konsisten melakukan pemantauan terhadap perkembangan kesehatan setiap hewan kurban yang ada di lokasi-lokasi penjualan hewan kurban yang ada di wilayah hukum Polres Jepara,” jelasnya.

Kapolres berharap pelaksanaan Iduladha dan kurban ini dapat diikuti dengan kegembiraan, kebahagiaan dan hewan ternak pun bebas dari PMK dan LSD.

“Kita berharap sampai dengan pelaksanaan hari raya Iduladha, kondisi ini bisa tetap terjaga sehingga bisa memberikan ketenangan dan kenyamanan tersendiri bagi umat Muslim yang akan merayakan hari raya Iduladha,” ucapnya.

Sementara itu, Kabid Kesehatan Hewan Kabupaten Jepara Dhofir menghimbau kepada peternak dalam upaya pencegahan penyakit LSD agar dilakukan pemisahan ternak yang mengalami gejala ke kandang isolasi, vaksinasi, menjaga kebersihan kandang dan peralatan kandang.

“Apabila hewan ternak yang terindikasi terjangkit penyakit agar segera menghubungi dokter hewan untuk mendapatkan pencegahan sejak dini,” pungkasnya.

Sumber : Humas

NEWSLine.id Jepara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *