• Sat. Jul 20th, 2024

Iumbunginformasi

Aktual dan Benar

Bagikan Berita ini

NEWSLine.id Jepara – Obor Api Abadi Porprov Ke XVI Jawa Tengah tiba di Kota Ukir, Kamis pagi (3/8/2023). Obor atau suluh itu dikirab dari perbatasan Kudus-Jepara menuju Pendopo Kartini, untuk kemudian diinapkan sebelum besok dibawa ke Pati.

Kirab kedatangan obor disambut meriah oleh ribuan warga di sepanjang jalur sampai pendopo kabupaten. Konvoi dimulai dari Balai Desa Tunggulpandean, Kecamatan Nalumsari.

Diawali dengan penyerahan obor dari Asisten I Sekda Kudus Agus Budi Satriyo ke Pelaksana tugas Asisten II Sekda Jepara Ary Bachtiar, didampingi Kepala Dinas Pariwisata Zamroni Lestiaza, beserta jajaran pengurus KONI Jepara. “Kami menerima estafet obor Porprov Ke-16 Jawa Tengah, untuk kami bawa dan serahkan ke Pak Bupati,” kata Ary.

Seluruh prosesi estafet ini, dia harapkan jadi pelecut semangat para atlet dalam menjaga sportivitas, dan demi mengukir prestasi. “Obor ini jadi penyemangat kita yang tiada padam tiada henti, khusus bagi teman-teman atlet,” tuturnya.

Antusiasme juga terlihat dari dunia pendidikan. Peserta didik tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas memberikan sambutan meriah. Mereka berjejer di tepi jalan depan sekolah dengan melambai-lambaikan tangan.

Iring-iringan kendaraan pembawa Obor Porprov bergerak sampai Monumen Tiga Wanita Pejuang Jepara, Desa Ngabul, Kecamatan Tahunan. Di sini, rombongan konvoi bertambah. Armada-armada komunitas penghobi kendaraan turut mengiringi.

Sebelum melintasi Jalan Pemuda, Kecamatan Jepara, suluh api abadi ini terlebih dulu diestafetkan. Ary Bachtiar menyerahkannya kepada Salim (69 tahun), salah satu legenda atlet gulat nasional asal Kota Ukir.

Estafet obor itu diterima bersama atlet-atlet legendaris lain, di antaranya Mustaqim atlet timnas sepakat takraw. Lalu, Anjar Jambore Widodo yang merupakan legenda milik Persijap, Salim Gulat, serta Suko Takraw. Lalu, ada Ali Hidayat dan Khusnanto sebagai atlet peraih medali pada PON Ke-XII.

Atlet-atlet tersebut kemudian mengarak simbol pembuka multi-ajang olahraga bergengsi, Porprov Ke-16 Jateng. Obor itu mereka bawa berlari dari jalan depan kantor DPRD, sampai halaman Pendopo Kartini.

Selanjutnya, suluh diberikan kepada Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta. Kemudian Obor Porprov Jateng ditaruh di tempat penyimpanan obor api abadi. Setelah satu malam diinapkan, keesokan harinya diestafetkan ke Pati. “Selama di sinisaya minta api ini dijaga agar tidak padam,” ujarnya.

Dalam gelaran yang diputar pada 5 hingga 11 Agustus nanti di Pati Raya, Jepara merupakan salah satu tuan rumah sebelas cabor di 14 arena pertandingan. Dia memastikan semua arena laga dalam kondisi optimal saat pertandingan. “Semua venue sudah siap,” ungkapnya.

Kepada kontingen Jepara, Edy menargetkan menjadi juara umum Porprov Jateng 2023. Terkait bonus bagi atlet Bumi Kartini peraih medali, pihaknya akan mengupayakan dananya. “Semoga api obor ini menjadi semangat kita menjadi juara umum. Insyallah ada (bonus),” tuturnya.

NEWSLine.id Jepara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *