• Fri. May 17th, 2024

Iumbunginformasi

Aktual dan Benar

Bagikan Berita ini

NEWSLine.id Jepara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara melanjutkan Kirab Pemilu 2024 setelah serah terima dari Ketua KPU Kabupaten Grobogan Agung Sutopo kepada Ketua KPU Kabupaten Jepara Subchan Zuhri, di Pendopo Kartini, Sabtu (7/10/2023).

Kirab Pemilu ditandai dengan arak-arakan bendera partai politik (parpol) seluruh peserta Pemilu 2024. Ada 18 bendera yang dikirab keliling Indonesia bertajuk “Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa”.

Di Kabupaten Jepara, Kirab Pemilu dimulai start dari Tugu Kartini di menuju Pendopo Kartini, diiringi tim paskibra dan drumband dengan berjalan kaki.

KPU kabupaten Jepara, Forkompimda, ormas, perwakilan mahasiswa, dan ratusan penyelenggara pemilu dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan sekretariat akan menyambut kedatangan rombongan kirab tersebut diiringi tari gambyong dari para siswa SMP Negeri 1 Jepara.

Ketua KPU Kabupaten Jepara Subchan Zuhri menjelaskan, Kirab Pemilu 2024 adalah agenda nasional dari Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Diawali dari Provinsi Jayapura pada 14 Pebruari 2023.

“Kirab Pemilu ini sudah diluncurkan oleh KPU Pusat satu tahun menjelang pemilu. Tujuan utamanya adalah menyosialisasikan kepada publik tentang proses dan tahapan pemilu,”katanya.

Kirab Pemilu berada di Jepara selama 7 hari, mulai 7-13 Oktober 2023. Nantinya diisi dengan kegiatan sosialisasi Pemilu 2024. Sasarannya di acara car free Day, kemudian penanaman mangrove di Pantai Tanggultlare, dan sosialisasi ke kelompok pemilih seperti pasar, sekolahan, dan tempat keramaian.

Untuk daftar pemilih tetap (dpt), KPU Jepara sudah menetapkan dpt dengan total 914.996 pemilih. Jumlah tempat pemungutan suara sebanyak 3490 TPS yang tersebar di seluruh desa dan kelurahan di Jepara.

“Selain Kirab Pemilu, kita juga ada deklarasi damai dari partai politik kontestan peserta pemilu. Harapannya, semua elemen ikut menyukseskan Pemilu 2024, agar berjalan aman, lancar, damai, dan berintegritas,”ucap Subchan Zuhri.

Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta dalam sambutannya menyampaikan, agar 18 bendera partai politik peserta pemilu bisa di berada di Pendopo Kartini. Dengan begitu masyarakat yang datang ke Pendopo Kartini bisa mengenal, sekaligus menyosialisasikan Pemilu 2024.

Edy Supriyanta menegaskan, agar KPU Jepara menyiapkan sarana prasarana sebaik mungkin. Mulai dari aturannya, bersikap adil kepada semuanya, sehingga tidak ada gejolak di kemudian hari.

“Saya mengajak seluruh yang hadir dan masyarakat Jepara, gunakan hak pilih masing-masing sesuai dengan pilihannya. Mari kita sukseskan Pemilu 2024. Jangan sampai ada keributan,”tuturnya.

Pada kesempatan itu, Edy Supriyanta juga mengajak masyarakat menjaga pola hidup bersih. Hal itu karena Kabupaten Jepara dinilai oleh tim penilai Adipura. Dirinya dengan tegas menyatakan, Adipura Kencana yang diraih harus dipertahankan.

“Pertahankan Adipura Kencana yang kita raih bersama warga masyarakat. Saling mengingatkan, untuk selalu menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya,”terang Edy Supriyanta.

Usai penandatanganan Deklarasi Damai, rombongan Kirab Pemilu 2024 akan pawai, dimulai dari Pendopo Kartini menuju ke arah selatan. Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta melepas Kirab Pemilu
Sampai di perempatan Mantingan, akan menuju Bundaran Ngabul, ke jalur lingkar Jl. Rukmini, melintasi perempatan Bawu Mojo, dan terus ke utara sampai di perempatan Tuyem Desa Kecapi masuk ke Jl. Sosrokartono, kemudian finis di alun-alun Jepara.***

NEWSLine.id Jepara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *