• Fri. May 17th, 2024

Iumbunginformasi

Aktual dan Benar

Bagikan Berita ini

NEWSLine.id Jepara-Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta mengingatkan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tidak main-main dalam pelaksanaan politik praktis. Mereka diminta tetap netral dan tegak lurus untuk melayani masyarakat.

Hal ini disampaikan Edy Supriyanta, saat dialog Interaktif “Membangun Ketertiban dan Kondusifitas Jelang Pemilu 2024”, di Radio Kartini, Selasa 17 Oktober 2023. Ikut dalam dialog Kapolres Jepara AKBP AKBP Wahyu Nugroho Setyawan dan Ketua KPU Subchan Zuhri. Sementara dialog dipandu Kepala Diskominfo Jepara Arif Darmawan.

“ASN harus netral sebagai pelayan publik. Jika ada pelanggaran segera laporkan kepada kami,” ungkap Edy Supriyanta.

Disampaikan, sebagai pelayan masyarakat ASN tidak boleh main-main. Apalagi terlibat dalam politik praktis. Mereka harus menjaga netralitas dan tidak boleh condong kepada salah satu calon.

“Saya minta untuk tetap netral dan tegak lurus layani masyarakat,” kata Edy.

Netralitas ASN ini penting untuk menghindari penyalahgunaan sumber daya untuk tujuan politik, menjaga integritas kompetisi politik, serta melindungi kepentingan publik.

Netralitas ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), di mana disebutkan Pasal 2 bahwa setiap pegawai ASN harus patuh pada asas netralitas dengan tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan tertentu.

Disampaikan Edy ada dua gawe besar di tahun 2024 mendatang, pertama tanggal 14 Februari 2024 Pemilu memilih presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPR Provinsi, DPRD Kabupaten, dan DPD. Kemudian dilanjutkan tanggal 27 November 2024 untuk Pilkada serentak memilih bupati dan gubernur.

Ketua KPU Jepara Subchan Zuhri menambahkan, netralitas ini juga berlaku bagi petinggi, perangkat desa, dan juga BPD. Sama dengan ASN, mereka juga diminta menjaga netralitas.

“Mereka juga dilarang terlibat dalam politik praktis. Jika ada petinggi ataupun perangkat ikut kampanya bisa kena sangsi,” ujar Subchan.

Kapolres Jepara AKBP AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan, mulai besok Kamis, 19 Oktober 2023, Polres akan melaksanakan operasi Mantap Brata untuk mengamankan rangkaian tahapan Pemilu.

“Kami sudah menyiapkan 500 personil Polres Jepara, dibantu TNI dan Batalyon Infanteri 410/Alugoro Blora,” katanya.***

NEWSLine.id Jepara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *