• Sat. Jul 20th, 2024

Iumbunginformasi

Aktual dan Benar

Bagikan Berita ini

Meningkatkan prestasi dan kompetensi kepramukaan, Kwartir Cabang (Kwarcab) Jepara menggelar Pesta Siaga 2023. Kegiatan ini diikuti sebanyak 712 peserta delegasi 15 Kwartir Ranting se Kwarcan Jepara, kecuali Karimunjawa.

Kegiatan dibuka oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Jepara Hesti Nugroho, bersama Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Jepara Zamroni Lestiaza, pada Kamis 16 Oktober 2023, di Bumi Perkemahan (Buper) Pakis Adhi, Desa Suwawal, Kecamatan Pakis Aji. Selain anak-anak Pramuka Siaga, juga didampingi pimpinan kontingan dan pembina pendamping.

Dengan penuh semangat kecerian, anak-anak setingkat SD/MI ini mengikuti berbagai giat atau lomba yang dilaksanakan. Meliputi, giat persaudaraan/permainan, giat wawasan, ketrampilan, tantangan, kemanusiaan, hingga peduli lingkungan.

Dalam kesempatan itu, Hesti Nugroho sempat meneteskan air mata saat seorang peserta Pesta Siaga menyanyikan lagu “Bunda” sebelum pelaksanana upacara. Anak tersebut berjalan dari tengah lapangan, dan menghampiri Ketua Kwarcab, untuk menyerahkan rangkaian bunga.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Jepara Hesti Nugroho mengatakan, Pesta Siaga ini merupakan kegiatan pertemuan antar pramuka untuk golongan siaga. Oleh karenanya, pesta siaga ini sifatnya harus rekreatif, bersenang-senang, dan riang gembira, sesuai usia siaga.

“Kali ini diikuti 15 Kwartir Ranting se Kwaran Jepara, tahun depan saya harap Kwartir Ranting Karimunjawa, turut serta dalam kegiatan Pesta Siaga,” ujar Hesti Nugroho.

Dengan pertemuan ini dharapkan mampu memberikan suntikan semangat dan motivasi untuk terus berlatih, menjadi wadah berbagi pengelaman, pengetahuan kepramukaan, dan kecakapan antar sesama anggota Pramuka.

Dikatakan Hesti, sebagai wahana bagi pramuka siaga juga sebagai sarana untuk menambah teman, pengetahuan, serta semangat patriotisme. Sehingga, lahir generasi unggul, yang memiliki karakter positif, kuat, jujur, rela berkorban untuk negeri tercinta.

“Berikan kesan yang menyenangkan sekaligus mendidik. Sekali lagi, nikmati kegiatan ini dengan ceria dan riang gembira. Tetap semangat dan jangan mudah menyerah,” katanya.

Sebagai juara tergiat barung putra dan putri, nantinya berhak mewakili Kwartir Cabang Jepara, dalam kegiatan pesta siaga tingkat Kwartir Daerah Jawa tengah tahun 2024. (DiskominfoJepara/Dian).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *