• Fri. May 17th, 2024

Iumbunginformasi

Aktual dan Benar

Bagikan Berita ini

Petinggi Desa Bangsri Sunaryo sukses mengikuti Benchmarking study tour to China 2023. Kegiatan ini telah dilaksanakan selama dua belas hari, sejak 14 hingga 25 Oktober 2023.

Sunaryo menjadi salah satu dari 20 petinggi atau kepala se-Indonesia yang terpilih sebagai peserta Benchmark study tour ke China. Kegiatan ini merupakan kerjasama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia dengan Academy Management Institute (AMI).

“Alhamdulillah ada banyak hal yang dapat saya pelajari dan sesuai jika diterapkan. Ini jadi referensi kami membangun desa,” ungkap Sunaryo, Kamis 9 November 2023.

Dikatakan Sunaryo, kegiatan ini merupakan kesempatan yang baik baginya dalam proses pembangunan di desa. Dikatakan China dan Indonesia memiliki kesamaan tentang desa, di antara yaitu karakteristik maayarakat yang heterogen.

“Kami belajar bagaimana sistem pengelolaan desa yang ada di sana. Sehingga bisa maju seperti sekarang,” katanya.

Menurut Sunaryo, hasil benchmarking study ini akan menjadi referensi para petinggi/kepala desa di Indonesia untuk terus membangun desa sesuai dengan karakteristik masing-masing.

“Karena sesungguhnya desa memiliki potensi yang beragam, ini yang harus digali dan dikembangkan,” katanya.

Menurut Sunaryo, desa di China memiliki karakteristik yang beragam dengan fokus pada pengembangan pariwisata, industri, dan berbagai aspek lainnya. Setiap desa memiliki cara khusus untuk mengembangkan potensi dan meningkatkan status desa.

Dalam kegiatan tersebut, Sunaryo dan 19 peserta lainnya mendapat materi mengenai strategi mendorong revitalisasi pedesaan oleh Departemen of Development Planing, Ministry of Agriculture and Rural Affairs (MARA).

Juga mendapat bekal reformasi sistem pertanahan dan pengelolaan sekala besar, juga pengembangan usaha pertanian jenis baru oleh Mr. Zhang Tianzuo, Departement of Cooperative Economic Guidence, MARA.

Selain itu, ia mengunjungi managemen koperasi, pengolahan pertanian organik di Beijing, serta desa adat Dong Zi Guan, District Fu yang Hangzhou untuk belajar perlindungan dan pelestarian desa adat. Juga menikmati tour malam sepanjang sungai Huangpu, dan juga tembok besar Cina.

Sumber : Diskeminfo

NEWSLine.id Jepara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *