• Sun. Jun 23rd, 2024

Iumbunginformasi

Aktual dan Benar

Bagikan Berita ini

Lumbunginformasi.id Jepara – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bersama Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara Jawa Tengah, hari ini menertibkan baliho partai politik dan alat peraga kampanye (APK) menjelang pemilu tahun 2024. 

Gelar apel bersama dan pelepasan diikuti panwaslu kecamatan, satpol PP , Koramil dan Polsek batealit yang di pimpin kepala sekretariat panwaslucam Hadi Muhammad, Jumat (22/12/2023).

Dalam sambutannya Hadi Muhamad menyampaikan, supaya anggota menertibkan APK yg melangar tanpa pandang bulu.

Meski pada masa kampanye ini para peserta Pemilu 2024 diberikan kebebasan memasang alat peraga kampanye (APK), namun ada beberapa tempat yang telah disepakati untuk tidak dipasangkan alat peraga kampanye.

“Beberapa lokasi sebelumnya telah disepakati agar dinetralkan dari APK peserta Pemilu 2024,” ujar Hadi Muhammad.

Ia juga menambahkan, “APK tidak boleh dipasang di lingkungan instansi pemerintahan, sekolah, tempat ibadah, pepohonan, dan ruang publik,” imbuhnya.

“Pada kenyataannya dilapangan ketentuan tersebut masih ada yang melanggar, sehingga pihak panwascam terpaksa harus menertibkan, seperti yang terjadi di area Kecamatan batealit, Kabupaten jepara,” lanjut Hadi Muhammad.

Ditempat terpisah, Ketua Panitia Pengawas pemilu Kecamatan (Panwaslucam) batealit, Abu bakar mengatakan, “Pihaknya telah melakukan penertiban terhadap baliho atau APK para peserta Pemilu 2024 yang melanggar kesepakatan yang telah diatur dalam PKPU,” kata Abu Bakar.

“Sudah jelas aturannya dan peserta juga telah mengetahuinya, tapi masih ada saja yang memasang di pepohonan, depan instansi pemerintah dan lainnya,” ucapnya.

Saat berita ini diterbitkan, pihak Panwaslucam bersama Satpol PP yg di dampingi Polsek batealit, dan Koramil bersama-sama menertibkan APK para peserta Pemilu yang masih terpasang ditempat yang dilarang.

Arif Wibowo selaku Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Panwaslu cam batealit, ketika diwawancara awak media ditempat terpisahkan menegaskan, siap menindak tegas terhadap siapa saja yang melanggar ketentuan dan PKPU tanpa pandang bulu khususnya yang berada di wilayah pengawasan yakni Kecamatan batealit.

“Aturan harus ditegakkan, jadi dengan penertiban ini sebagai salah satu langkah menegakkan aturan dan akan kita pantau seterusnya,” tukasnya.

(Tim).

Lumbunginformasi.id Jepara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *