• Sat. Jun 22nd, 2024

Iumbunginformasi

Aktual dan Benar

Hasil Audiensi di Komnas HAM RI Terkait Koalisi Nasional Masyarakat Menolak Kriminalisasi Aktivis Lingkungan, dan Perlindungan Kawasan Karimunjawa

Bagikan Berita ini

Lumbunginformasi. Id Jakarta – Pada hari Rabu, 7 Februari 2024, di kantor Komnas HAM RI jalan Latuharhary 4B Menteng Jakarta Pusat, Koalisi Nasional Masyarakat menolak kriminalisasi aktivis lingkungan dan Perlindungan Kawasan Strategi Pariwisata Nasional Karimunjawa dari Tambak Udang Ilegal ( selanjutnya kami sebut Koalisi Nasional) bersama orang tua saudara Daniel Frits Maurits Tangklisan ( selanjutnya kami sebut Daniel) diterima komisioner pengaduan HAM Bapak Hari Kurniawan, S. h., Analisis kasus HAM Shalita Hutagalung dan Analisis Pengaduan Agil, de gan agenda audiensi terkait kasus kriminalisasi dan permasalahan lingkungan hidup di Karimunjawa.

Berikut ini kami sampaikan ringkasan hasil pertemuan :
Komisioner Komnas HAM RI menyimpulkan bahwa kasus ini terbagi dua bagian, yaitu kriminalisasi terhadap aktivis lingkungan saudaraDanial dan kasus lingkungan hidup : agar lebih fokus dalam penanganan.

Sejatinya, konflik aktivis dalam memperjuangkan lingkungan hidup yang baik dan sehat bisa disesuaikan secara non judicial dan bukan diselesaikan dengan pengadilanpengadilan. Ini adalah proses presiden baik untuk kasus – kasus yang menimpa aktivis lingkungan kedepan dan dalam kasus saudara Daniel ada harapan penghentian kasus karena delik aduan yang mengatasnamakan masyarakat perlu dilihat secara representatif mewakili masyarakat karimunjaea atau tidak.

Untuk itu, komnas HAM RI sudah11 sudah minta klarifikasi pada Polres Jepara dengan ditetapkanya Daniel sebagai tersangka.

Respon1yang diterima Komnas HAM RI dari Polres Jepara adalah perkara ini tetap dilanjutkan.

Menyikapi hal ini Koalisi Nasional memohon kepada Komnas HAM RI untuk bisa membongkar perkara kriminalisasi saudara Daniel dan permasalahan lingkungan hidup Karimunjawa serta jaringan yang terlibat didalamnya.

Sebagaimana kita ketahui, Karimunjawa adalah cagar biosfer dunia, kawasan konservasi dan kawasan strategi Pariwisata Nasional, pungkasnya.***

Sumber : KNI

Lumbunginformasi.id Jepara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *