• Fri. May 17th, 2024

Iumbunginformasi

Aktual dan Benar

Bagikan Berita ini

NEWSLine.id Jepara – Pemerintah Kabupaten Jepara melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Jepara langsung bergerak cepat menangani kerusakan tangan pada Patung R.A Kartini yang berada di bundaran Jalan Kartini.

Tangan kanan Patung Kartini yang memegang obor patah. Sedangkan tangan kiri masih kuat menggandeng tangan seorang bocah. Beruntung patahan tangan masih menempel dan tidak sampai menimpa pengguna jalan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Jepara Ary Bachtiar mengatakan, mendapati laporan tersebut pihaknya langsung memerintahkan tim untuk segera melakukan perbaikan.

“Kemungkinan kejadiannya semalam saat hujan deras. Saya dapat laporan gambar baru tadi pagi dan langsung saya instruksikan untuk segera perbaikan,” ujar Ary Bachtiar, pada Selasa 21 November 2023.

Dikatakan Ary, untuk perbaikan nantinya, setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 5 hari sampai patahan tangan tersebut bisa terpasang kembali. Pihak konstruksi pun akan menambah rancang besi sebelum ditempelkan kembali ke posisi semula.

“Beberapa tahun terakhir sudah ada indikasi tangannya turun. Mungkin karena usia dan besi serta semennya sudah mulai keropos,” kara Ary.

Dijelaskan, tugu tersebut saat ini sudah berusia sekitar 50 tahun. Pertama kali dibangun pada masa pemerintahan Bupati Sudikto sekitar tahun 1976. Wajar jika butuh perbaikan dan perawatan.

“Kita lakukan perbaikan biasa. Karena hanya tangganya saja yang patah,” kata dia.

NEWSLine.id Jepara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *