• Sun. Jun 23rd, 2024

Iumbunginformasi

Aktual dan Benar

Bagikan Berita ini

Lumbunginformasi.id Jakarta – Juru kampanye TPN Ganjar Mahfudh 072 Edi Sutrisno membeberkan program unggulan Ganjar Mahfud ( Gama ) untuk industri kelapa sawit indonesia, riset dan inovasi menjadi tulang punggung dalam pembangunan program Gama pada industri ini.

Sawut tidak hanya terkait pertumbuhan ekonomi, lebih mendasar, ini juga menyangkut jutaan nasib pwtani sawit mandiri, Edi menyoroti pentingnya legalisasi lahan petani sawit.

Saat ini, baru 22 – 22% dari 6,8 juta Ha lahan petani sawit yang memiliki legalitas.

Akhirnya petani akan mengalami banyak kesulitan, termasuk kesulitan mendapatkan dukungan pembiayaan dari lembaga jasa keuangan, sebab lembaga jasa keuangan ( LJK ) membutuhkan Collateral ( Jaminan ) dalam skema pembiayaan.

” Untuk itu Gama mendorong akselerasi legalitas ” bagi petani kelapa sawit.

Pengintegrasian isu ESG ( Evironmental, Sosial,Gevermace ) juga akan dilakukan Gama sebagai upaya meningkatkan akses keuangan para petani dan akuntabilitas pembiayaan pada industri ini, tutur Edi.

Pada sisi lain industri sawit dalam ekonomi indonesia juga signifikan. Merajuk data kementerian perindustrian, induk dari industri kelapa sawit yakni industri argo tercatat tumbuh 3.90% pada yriwulan II – 2023 ( year on year ) dengan kontribusi terhadap PDB sektor non migas mencapai 50.87%.

Posisi pertama industri kelapa sawit dalam kontribusi pertumbuhan pada sektor industri argo menempatkan industri kelapa sawit sebagai salah satu prioritas pembangunan nasional.

Lebih jauh lagi Edi menambahkan, memastikan distribusi manfaat yang adil dan berkelanjutan adalah kata kunci dalam pengembangan industri kelapa sawit dari hulu ke hilir.

Konsentrasi program Gama menitikberatkan bagaimana industri ini dapat berkontribusi besar pada kesejahteraan petani, ungkap Edi dalam talkshow dan lauching buku cerita tentang ” Hulu – hilir sawit hari ini dan esuk “

Dampak kebijakan Biodiesel terhadap pasokan minyak goreng di jakarta pada kamis 7/12/2023, pungkasnya.***

Sumber : Edi Sutrisno / Juru Kampanye TPN 072.

Lumbunginformasi.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *