• Sat. Jul 20th, 2024

Iumbunginformasi

Aktual dan Benar

Bagikan Berita ini

Lumbunginformasi.id Jepara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara siap mendukung kesuksesan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Hal ini dibuktikan dengan pengukuhan sebanyak 7.824 anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) yang bertugas dalam pelaksanaan pesta demokrasi.

Pengukuhan ini dilaksanakan Senin, (5/2/2024) di Lapangan kantor Setda Jepara. Seluruh anggota linmas itu akan berada di Bawah Kendali Operas (BKO) Polres Jepara untuk pengamanan pelaksanaan Pemilu 2024.

“Pada intinya Jepara siap mendukung kesuksesan Pemilu 2024,” ungkap Edy Sujatmiko.

Menurut Edy Sujatmiko, dari seluruh anggota Linmas yang di-BKO-kan ke Polres Jepara, sebanyak 6.980 personel akan bertugas mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sedangkan 844 lainnya bertugas di luar TPS, yakni PPS (Panitia Pemilihan Setempat) dan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan).

“Satlinmas ini merupakan kepanjangan tangan pemerintah yang berwenang untuk menjaga kondusifitas di wilayah masing-masing, baik desa maupun kelurahan,” kata dia.

Kepada para anggota Satlinmas Edy berpesan agar tugas itu dilaksanakan sebaik-baiknya. Mereka juga diminta menguatkan komitmen mewujudkan seluruh rangkaian Pemilu 2024 yang aman, tertib, dan kondusif.

“Jika menemui potensi konflik, jangan bertindak sendiri. Segera laporkan dan koordinasikan kepada pihak terkait karena semua memiliki tugas dan kewenangan masing-masing,” tambahnya.

Dikatakan, mulai bulan Agustus 2023, pakaian seragam Linmas mengalami perubahan dari semula dominan hijau menjadi abu-abu. Ini membawa perubahan paradigma terhadap peran Satlinmas dari unsur pertahanan dan kemanan rakyat semesta ke unsur pembantu penyelenggaran urusan ketentraman, ketertiban, dan perlindungan masyarakat yang humanis.

“Dalam peralihan, seragam Linmas lama tetap dapat digunakan, namun wajib berganti pada tahun 2026 mendatang,” katanya.

Salah satu anggota Satlinmas Harun mengaku senang bisa terlibat dalam pelaksanaan Pemilu nanti. Harun mengaku sudah sejak tahun 1990 menjadi anggota Linmas di Desa Karanggondang.

“Tinggal setahun lagi pensiun jadi Linmas. Semoga pemilu kali ini berjalan aman dan damai,” katanya.***

Sumber : Dian

Lumbunginformasi.id Jepara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *