• Sat. Jul 20th, 2024

Iumbunginformasi

Aktual dan Benar

Bagikan Berita ini

Lumbunginformasi.id JEPARA – Dalam rangka antisipasi bencana tanah longsor, Kodim 0719/Jepara menggelar karya bakti penanaman pohon di Desa Papasan, Kecamatan Bangsri, Kamis, (25/1/2024). Kegiatan diikuti Penjabat (Pj) Bupati Jepara H. Edy Supriyanta, Komandan Kodim 0719/Jepara Letkol Inf. Mokhamad Husnur Rofiq, dan Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, serta sejumlah pimpinan perangkat daerah.

Pj. Bupati Jepara mengaku senang dan mengapresiasi kegiatan tersebut. Sebab desa papasan termasuk wilayah siaga bencama utamanya tanah longsor.

“Saya titip ke bapak ibu sekalian untuk dirawat,” ujar Edy.

Tak hanya merawat pohon yang telah ditanam, dirinya mengingatkan agar para warga Desa Papasan menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan. Menurutnya, di musim penghujan seperti ini bencana alam seperti tanah longsor dan banjir dapat setiap saat terjadi. Bencana tersebut dapat dicegah dengan pelestarian lingkungan yang tepat.

“Saya minta ke Dinsospermasdes untuk membantu utamanya akses jalan yang perlu dibangun,” kata Pj. Bupati.

Pasalnya, akses jalan tersebut bermanfaat untuk mendistribusikan hasil kebun warga utamanya buah jambu yang cukup melimpah.

Komandan Kodim 0719/Jepara Letkol Inf Mokhamad Husnur Rofiq mengatakan, kegiatan ini diadakan serentak di seluruh wilayah Kodam IV/Diponegoro. Adapun kegiatan yang dilaksanakan antara lain penanaman pohon, pembersihan sungai, dan pembersihan pasar.

“Ada 1.000 pohon yang kita tanam di Desa Papasan ini, harapannya selain untuk pencegahan bencana alam juga nantinya menjadi warisan bagi generasi penerus kita,” tandasnya.

Rofiq menjelaskan kegiatan tersebut diikuti bersama oleh TNI, Polri, Pemerintah Daerah, organisasi masyarakat, hingga pelajar dan anggota pramuka. Tujuannya agar masyarakat sadar akan kelestarian alam dan pencegahan bencana alam.***

Sumber : Reza

Lumbunginformasi.id Jepara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *